Mencari Rumah Impian

Mencari rumah impian memang tidak mudah, akan tetapi dengan kegigihan serta bantuan dari situs properti anda pasti akan menemukan rumah idaman tersebut.

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika hendak membeli rumah dijual adalah lokasi. Lokasi rumah dijual harus berada di tempat yang strategis, prospektif serta sesuai peruntukannya. Sebagus apapun rumah yang hendak kita beli bila berada di area yang kurang sesuai atau tidak strategis tentunya akan mendatangkan masalah di masa depan ketika kita hendak menjualnya kembali.

Salah satu cara yang efektif untuk mengetahui secara detil mengenai lokasi rumah dijual yang hendak dibeli adalah dengan cara bertanya kepada orang - orang disekitar lokasi. Informasi yang bisa didapat biasanya sangat berharga untuk bisa mendapatkan gambaran mengenai lokasi rumah impian anda tersebut. Selain bertanya gunakan juga feeling anda, apakah lokasi tersebut sesuai dengan kriteria, apakah anda merasa nyaman selama berada di lokasi?

Jika lokasi rumah tersebut telah sesuai dengan kriteria anda, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan mengecek legalitas rumah. Saat ini biasanya orang mencari rumah yang telah bersertifikan SHM / Sertifikat Hak Milik atau minimal bersertifikan SHGB / Sertifikat Hak Guna Bangunan. Hal ini tidak terlepas disebabkan oleh persyaratan KPR / Kredit Pemilikan Rumah yang hanya dapat membiayai rumah dengan Sertifikat Hak Milik atau Sertifikat Hak Guna Bangunan.

Setelah itu perlu dipertimbangkan juga faktor lingkungan, perbedaan lingkungan dengan lokasi adalah lingkungan lebih bersifat spesifik sesuai kebutuhan anda sedangkan lokasi hanyalah sifat umum dari rumah dijual tersebut. Carilah rumah yang lingkungannya sesuai dengan keluarga anda, sebagai contoh bila anda memiliki anak kecil sebaiknya anda mencari rumah dijual yang berada di lingkungan yang banyak anak kecilnya. Ini akan membantu pertumbuhan si kecil, anak bisa bermain dan bersosialisasi dengan anak - anak sebayanya. Rumah yang berada di area yang aman serta memiliki area terbuka  yang luas akan sangat cocok bagi anda yang memiliki anak kecil.

Setelah Lokasi, Legalitas serta Lingkungannya semua cocok, hal terakhir yang paling penting adalah mengenai harga. Bandingkan harga rumah yang anda hendak beli dengan harga - harga rumah disekitarnya. Cek juga harga NJOP / Nilai Jual Objek Pajak dari rumah tersebut. Gunakan logika anda apakah harga rumah tersebut layak. Lalu coba lakukan negosiasi agar bisa mendapatkan rumah impian dengan harga terbaik. Semoga tips ini bermanfaat dan anda dapat segera mendapatkan rumah impian!