Tips Investasi Properti Untuk Pemula

Properti merupakan salah satu bentuk investasi yang aman serta berpeluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Banyak orang yang berpikir bahwa investasi properti dapat mendatangkan penghasilan yang signifikan di masa depan. Memang pemikiran ini tidaklah salah, akan tetapi untuk berhasil dalam investasi properti untuk pemula ada hal - hal penting yang harus diperhatikan. Banyak sekali hal yang harus dipelajari sebelum terjun dalam investasi properti.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tetap adanya resiko kegagalan dalam berinvestasi properti ini, sebaiknya dalam pemilihan properti harus dikalkulasikan secara matang. Ini sangat penting mengingat properti adalah investasi yang tidak bisa secara cepat diuangkan kembali. Perlu waktu agar bisa menjual properti dengan harga yang pantas atau sesuai dengan harga yang kita inginkan.

Namun salah satu sisi positif dari properti yaitu capital gain akan membantu nilai jual properti kita meningkat pula seiring jalannya waktu. Bila Investasi yang kita tanam di properti tersebut telah diperhitungkan secara matang sumber pendanaannya dan kita bisa mendanainya dengan jumlah yang cukup hampir dapat dipastikan investasi properti yang kita lakukan akan berhasil.

Mulailah Investasi Properti dari hal yang kecil terlebih dahulu

Dengan memulai investasi secara sederhana terlebih dahulu kita bisa meminimalisir kerugian dan juga dapat belajar berinvestasi secara langsung. Sebagai contoh membeli tanah atau rumah tua dengan luas yang tidak terlalu besar lalu dibangun secara sederhana untuk dijadikan kamar kos kosan untuk disewakan. Atau bisa juga mencari rumah dengan harga miring lalu merenovasinya kemudian menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi. Disini kita bisa mendapatkan keuntungan secara langsung dari hasil penjualan rumah yang telah direnovasi.

Mencari Properti Seken

Seperti yang telah kita singgung diatas, rumah, apartemen atau ruko seken dengan harga miring dapat memberikan keuntungan secara cepat bila kita berhasil mendapatkannya. Untuk itu diperlukan kesabaran serta keuletan untuk bisa mendapatkan properti seken yang tepat. Setelah menemukan properti seken yang anda minati segera adakan negosiasi. Disini teknik negosiasi sangat diperlukan agar anda bisa mendapatkan properti tersebut dengan harga yang tepat. Keuntungan langsung anda dapatkan di awal ketika anda berhasil menegosiasikan harga properti tersebut.

Menentukan Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu investasi ini haruslah ditentukan secara seksama. Sebagai contoh di awal mungkin modal kita dalam berinvestasi belumlah besar. Disini tentunya investasi jangka pendek yang bisa mendatangkan keuntungan secara cepat adalah pilihan yang paling sesuai. Lakukan investasi dalam jangka waktu pendek secara berulang - ulang agar modal investasi dapat bertambah secara cepat pula. Setelah kemampuan berinvestasi bertambah disini kita bisa mulai mencampurkan investasi kita baik yang untuk jangka panjang maupun investasi properti jangka pendek.

Strategi Sangat Penting

Jenis investasi yang kita pilih baik jangka pendek dan jangka pendek akan memberikan hasil yang maksimal jika kita menerapkan strategi tertentu sesuai dengan pilihan jenis investasinya. Buatlah beberapa strategi sejak awal memulai investasi properti ini. Usahakan mendapatkan harga terbaik saat pembelian, siapkan manajemen pemeliharaan properti serta manajemen properti untuk menjual atau menyewakannya nanti.

Belajar Mengenai Pajak

Investasi properti tentunya akan dikenai pajak. Untuk itu perlu anda ketahui jenis - jenis pajak yang akan dikenakan ketika membeli properti seperti PPN 10% untuk pembelian properti baru atau primary, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan, akta jual beli, biaya balik nama serta pajak bumi dan bangunan yang akan dikenakan setiap tahun.

Untuk itu sebaiknya anda belajar berinvestasi properti secara sederhana terlebih dahulu sambil belajar mengenai hal - hal penting dalam berinvestasi properti, setelah mengerti secara mendetil barulah berinvestasi properti dalam nilai nominal yang lebih besar.